Seat61.com, Pusat Informasi Perjalanan Kereta di Seluruh Dunia

Tidak semua orang bisa naik pesawat. Alasannya bermacam-macam, ada yang tidak sanggup membeli tiketnya, ada yang takut (fobia) untuk terbang, hingga alasan kesehatan. Selain pesawat, sebenarnya masih banyak transportasi lain yang bisa digunakan untuk melakukan perjalanan ke sebuah tempat, contohnya kereta api.

Sayangnya, pusat informasi yang berkaitan dengan alternatif perjalanan selain menggunakan pesawat tidak terlalu banyak. Karena industri travel lebih terobsesi dengan penerbangan ketimbang transportasi lain.

Seat61.com adalah sebuah situs yang bertujuan untuk menginspirasi orang untuk melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat dengan perjalanan mereka daripada pergi ke bandara, naik pesawat dan kehilangan semua yang ditawarkan oleh perjalanan darat.

Situs ini memberikan informasi detil cara naik kereta hampir di seluruh negara, termasuk Indonesia. Mulai dari informasi cara pemesanan atau pembelian tiket, stasiun, rute, hingga penjelasan mengenai kereta yang digunakan.

Misalnya perjalanan kereta di Pulau Jawa. Seat61.com akan memaparkan petunjuk mulai dari pemilihan rute dan peta yang menunjukkan kota dan stasiun. Dilanjutkan dengan cara memeriksa jadwal dan tarif. Langkah-langkah pembelian tiket, cara masuk ke kereta, saat berada di dalam kereta, informasi bagasi, penjelasan tentang makanan dan minuman dalam kereta, hingga tips perjalan. Pokoknya lengkap dan detil banget.

Seat61.com tidak hanya memberikan info tentang perjalanan kereta konvensional atau regular seperti antar kota atau antar negara, tapi juga antar benua. Contohnya, dalam sebuah halaman yang disajikan di Seat61.com, ada penjelasan tentang perjalanan dari London, Inggris ke Australia tanpa sama sekali menggunakan pesawat.

Kenapa Dinamai Seat 61?

Seat61.com didirikan oleh seorang warga Inggris bernama Mark Smith yang sudah lama bekerja di dunia perkeretaapian di Inggris. Pemilihan nama Seat 61 terinspirasi dari karakter yang ada di dalam novel Orient Express.

Zaharoff, nama karakter tersebut selalu memesan nomor kursi yang sama dalam perjalanan ke Istanbul. Smith juga melakukan hal yang sama dengan memesan kursi nomor 61 di setiap perjalanan kereta yang dia lakukan.

Sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir atau kebingungan jika harus melakukan perjalanan dengan kereta api di luar negeri.

Related Posts

Hostelworld, Platform Hostel Terbaik di Dunia

Hostelworld, Platform Hostel Terbaik di Dunia

Apa sih bedanya hostel dengan hotel? Dari namanya saja sudah beda, tentu ada perbedaan di antara kedua jenis akomodasi ini. Perbedaan utama antara hostel dan hotel adalah…

Travel Safe - Abroad, Temukan Tempat Teraman untuk Perjalanan Anda

Travel Safe – Abroad, Temukan Tempat Teraman untuk Perjalanan Anda

Tidak ada kota atau negara yang benar-benar aman 100 persen. Akan selalu ada ancaman bahaya, baik itu dari orang-orangnya atau bahaya yang datang dari alam. Sebuah situs…

Couchsurfing, Aplikasi Penginapan Gratis & Nambah Teman Baru

Couchsurfing, Aplikasi Penginapan Gratis & Nambah Teman Baru

Masih sedikit yang mengetahui aplikasi menarik satu ini. Padahal kehadirannya cukup berguna untuk Anda yang memiliki hobi traveling, baik secara berkelompok maupun melakukan solo trevel. Couchsurfing namanya,…

Blanjo, Aplikasi Belanja dari Rumah dan Kapan Saja

Blanjo, Aplikasi Belanja dari Rumah dan Kapan Saja

Dari tahun ke tahun, teknologi mengalami peningkatan yang pesat. Tidak hanya dalam sektor-sektor seperti usaha manufaktur saja, kini teknologi masuk ke setiap sendi kehidupan. Apalagi ketika pandemi…

PackPoint, Aplikasi untuk Membantu Anda Berkemas Saat Travelling

PackPoint, Aplikasi untuk Membantu Anda Berkemas Saat Travelling

Salah satu proses yang menyebalkan saat mau pergi liburan adalah proses packing. Menyiapkan apa-apa saja yang perlu dibawa dan dibutuhkan saat berada di tempat liburan, terkadang menjadi…

SuperCook, Aplikasi Resep yang Mudah Digunakan

SuperCook, Aplikasi Resep yang Mudah Digunakan

Semua orang, terutama ibu-ibu, pasti pernah berada dalam situasi seperti ini. Buka kulkas, melihat isi lemari bumbu dan berpikir, ‚Ä≥Hmmm mau masak apa ya hanya dari bahan-bahan…